Sejarah Musik di Dunia

Penikmat musik di era modern sudah mengenal berbagai jenis aliran musik. Banyak komposer atau musisi dari berbagai dunia yang dikenal dengan karya-karya fenomenal mereka. Sejarah musik sendiri sudah ada sejak abad pertengahan dengan musik medieval. Musik terus berkembang dengan aliran musik yang semakin bervariasi dan juga instrumen musik yang sangat beragam.

 

Perkembangan dan Sejarah dari Musik Dunia

  • Musik tahun 600-1400

Pengaruh gereja sangat terasa pada musik-musik yang diciptakan pada abad pertengahan. Jenis musik Metrolagu yang diizinkan gereja pada tahun 600-1400an adalah musik plainchant. Selanjutnya musik berkembang dalam bentuk lembaran musik yang dikenal sebagai musical repertoire. Salah satu lembaran musik yang terkenal pada periode ini adalah The Gregorian Chant.

 

  • Musik tahun 1400-1600

Perkembangan musik antara tahun 1400-1600an ditandai dengan munculnya musik Renaisans yang artinya lahir kembali. Perubahan-perubahan pada karya musik diciptakan melalui gaya musik dari komposer itu sendiri. Musisi mengembangkan musik dengan instrumental yang lebih banyak. Instrumen musik yang sudah mulai digunakan pada masa ini adalah organ atau piano. Pada periode Renaisans, komposer menggunakan bentuk musik yang lebih kompleks hingga enam jenis suara.  Perkembangan musik di Eropa seperti Italia pada masa ini memunculkan seni opera.

 

  • Musik tahun 1600-1700 

Tahun 1600an hingga 1700an menjadi era musik Baroque atau barroco. Dalam bahasa Italia, barroco memiliki arti aneh. Musik Barok menggunakan ornamentik dan komposer dapat berimprovisasi pada karyanya. Muncul musik homofonik yang menggunakan harmoni dengan beberapa instrumen seperti harpa, violin, double bass, oboe, dan viola. Selain Barok, sejarah musik pada masa ini mengenal aliran musik Rokoko dengan komposisi yang tidak terlalu kompleks. Periode ini menjadi era gaya musik Barok dan Rokoko, era perkembangan musik opera, hingga era musik instrumental.

 

  • Musik tahun 1700-1810 

Dalam sejarah musik dunia, tahun 1700 hingga tahun 1810an menjadi periode musik klasik barat. Melodi yang lebih sederhana menjadi ciri dari perkembangan musik klasik. Pada periode musik klasik ini para komposer lebih banyak membuat musik yang mudah dipahami. Jenis instrumen musik yang paling sering digunakan pada periode ini adalah piano. Karya dari Beethoven seperti Fifth Symphony menjadi salah satu musik yang muncul pada periode musik klasik. Selain itu, ada Mozart yang karya-karyanya baru dan berbeda dari musik pada periode sebelumnya.  Penikmat karya-karya musik klasik pada masa ini lebih banyak adalah dari kelas menengah hingga bangsawan.

 

  • Musik tahun 1810-1900

Perkembangan musik antara tahun1810 hingga 1900an merupakan era musik romantik. Sejarah musik dan perkembangannya sangat dipengaruhi oleh emosi dan imajinasi dari komposer-komposer musik. Musik pada masa ini kebanyakan memiliki melodi yang lebih dramatis. Instrumen musik yang dikembangkan pada era musik romantik adalah musik tiup seperti saksofon dan seruling.

 

  • Musik modern kontemporer di abad ke-20

Pada abad ke-20 musik terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Berbagai inovasi diciptakan untuk meningkatkan komposisi musik. Gaya musik yang muncul dalam bentuk musik baru abad 20 adalah elektro, musik konser, chance musik, serialisme, romantisisme baru, 12-tone musik, minimalis, dan impresionisme. Penikmat musik pun bisa mendengarkan berbagai karya musik dengan akses yang lebih mudah.

Itulah sejarah musik dari abad pertengahan hingga abad modern sekarang. Musik tidak lagi dipengaruhi oleh gereja, tetapi bebas sesuai dengan imaginasi dari komposer musik dan didukung oleh instrumen dan teknologi musik yang semakin beragam.

Lagu

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*