Mengetahui Tentang File MP3 serta Kelebihan dan Kekurangannya

Anda pasti pernah mendengarkan musik atau lagu baik dari perangkat smartphone atau gadget lainnya. Saat memutar musik atau lagu dari perangkat gadget Anda, pernahkah Anda memperhatikan jenis file musik tersebut? Ya, biasanya untuk file berbentuk audio, jenis ekstensi file yang digunakan adalah file mp3. Bahkan beberapa waktu belakangan sudah berkembang menjadi file berekstensi mp4. Nah, kali ini akan dibahas segala hal tentang file mp3, mulai dari apa itu mp3 file hingga kelebihan dan kekurangan penggunaan jenis file ini.

 

Kelebihan dan Kekurangan MP3 File 

Penjelasan tentang mp3 file akan dimulai dengan pengertian dari mp3 itu sendiri. Apa itu mp3 file sebenarnya? MP3 file adalah file yang penyimpanannya menggunakan sebuah teknik kompresi lossy. Teknik kompresi ini digunakan untuk mengurangi atau memperkecil ukuran file audio dari ukuran file aslinya. Hal ini karena suara yang diterjemahkan ke dalam format atau bentuk digital itu sangat kompleks sehingga pasti menghasilkan banyak data dan pastinya membutuhkan banyak ruang.

 

Masih tentang apa itu mp3 file, ketika proses kompressing file jenis ini umumnya menggunakan pengaturan 128kb/s. Dengan pengaturan ini, hasil file yang didapatkan nantinya berukuran 1/11 dari ukuran file aslinya. File jenis mp3 ini pun bisa saja dibuat dengan bit rate lebih rendah atau lebih tinggi dengan kualitas yang juga lebih rendah atau lebih tinggi.

Setelah mengetahui tentang apa itu mp3 file, selanjutnya adalah keunggulan dan kelemahan dari jenis file audio ini. MP3 merupakan salah satu jenis file audio yang lebih sering digunakan secara umum. Hal tersebut tidak terlepas dari berbagai keunggulan yang ditawarkan dari penggunaan jenis file ini.

 

  1. Kualitas Mendekati CD Stereo

Keunggulan pertama yang bisa didapatkan dari penggunaan jenis format file mp3 adalah kualitas filenya yang mendekati CD stereo. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, file ini bisa dibuat bit lebih rendah ataupun lebih tinggi. Karena itu, kualitasnya pun bisa ditingkatkan menjadi mendekati CD stereo.

 

  1. Ukuran File Tidak Terlalu Besar

Keunggulan utama dari jenis format file audio mp3 adalah ukurannya. Ukuran file mp3 tidak terlalu besar, bahkan relatif kecil. Untuk setiap satu menit durasi audio, ukuran filenya hanya sebesar kurang lebih 1MB. Sedangkan bitrate yang digunakan pun bisa dipilih menyesuaikan dengan kebutuhan. Karena itulah banyak file audio yang menggunakan format file mp3 ini.

 

Selain keunggulan, file berbentuk mp3 ini juga memiliki kelemahan. Kelemahan pertama dari file mp3 ini adalah dari segi bit rate. Bit ratenya terbatas maksimal hanya 320kbit/s. Hal ini bertolak belakang pada beberapa jenis encoder yang bahkan bisa menghasilkan bit rate jauh lebih tinggi. Kelemahan selanjutnya adalah, karena sudah terkompresi, maka kualitas filenya pun tentu saja sudah berkurang dan pastinya tidak sebaik file aslinya. Terakhir, file mp3 ini memiliki frekuensi dan resolusi yang terbatas dan dipengaruhi oleh ukuran window yang digunakan.

Nah, dari penjelasan di atas kini Anda sudah lebih tahu tentang file mp3 bukan? Mulai dari mengenal apa itu mp3 file, kelebihan dan kekurangannya. Dalam file audio memang tidak hanya ada ekstensi file mp3 saja. Ada juga beberapa jenis file lain, seperti mp4, wav, flac dan lain sebagainya. Namun yang lebih sering digunakan dan lebih sering ditemukan adalah file berjenis mp3. Dengan penjelasan ini, kini Anda sudah tahu bukan tentang file mp3 yang sering digunakan untuk file audio.

Musik

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*