Ingin Membuat Instrumen Musik? Kenali Dulu Jenis-jenisnya!

Instrumen musik adalah suatu rekaman musik atau komposisi lagu tanpa lirik atat vocal dalam bentuk apapun, semua musik yang didengarkan berasal dari permainan alat musik saja. Instrumen musik dapat Anda dengarkan ketika ingin menenangkan pikiran atau bahkan ketika Anda ingin mengisi suara di selal instrument musik yang sedang Anda dengarkan. Berikut ini akan dipaparkan mengenai jenis-jenis instrumen musik berdasarkan sumber bunyinya.

 

Jenis-jenis Instrumen Musik Berdasarkan Sumber Bunyinya

 

 

  • Kordofon

 

Kordofon sendiri merupakan semua alat yang digunakan untuk menghasilkan instrumen musik. Alat musik ini mengeluarkan suara yang bersumber dari dawai yang dipetik atau dipukul. Di Indonesia sendiri banyak ditemukan alat musik kordofon, misalnya sasando yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Cara memainkan sasando ini adalah dengan cara dipetik menggunakan jari pada senarnya. Selain itu, juga terdapat alat usik sampe yang berasal dari Kalimantan Timur yang cara memainkannya juga dipetik. Salah satu alat musik yang banyak digunakan oleh orang Indonesia dan tentunya sudah tidak asing lagi adalah gitar. Alat musik ini juga merupakan salah satu alat musik kordofon.

 

Alat musik kordofon sendiri dibedakan menjadi tiga bagian, yakni pertama alat musik yang sumber bunyinya didapat dengan cara digesek misalnya rebab, cello dan viola. Kedua, adalah alat musik kordofon yang sumber bunyinya didapat dengan cara ditekan misalnya grand piano dan keyboard. Ketiga, adalah alat musik kordofon yang sumber bunyinya didapat dengan cara dipetik seperti ukulele, gitar, sasando dan kecapi.

 

Alat musik tradisional ini nyatanya juga banyak dikreasikan oleh pemuda untuk membuat instrumen musik modern. Dengan membalut alat musik tradisional ini mampu pula melestarikan budaya Indonesia.

 

Aerofon

Aerofon merupakan jenis instrumen yang sumber bunyinya berasal dari getara udara. Instrumen musik aerofon ini dibagi lagi menjadi dua jenis, yang pertama aerofon murni atau tanpa bergetarnya lidah yang dibunyikan dengan tiupan biasa, misalnya recorder, flute, dan piccolo. Ada beberapa juga dibunyikan dengan tiupan biasa yang bersamaan dengan bergetarnya bibir, misalnya trombone, tuba dan trompet. Kedua, aerofon dengan lidah bergetar yang dibagi lagi menjadi lidah yang bergetar tungga misalnya saxofon dan clarinet, serta lidah getar dengan sejumlah nada misalnya vionika, harmonica dan akordeon.

 

Elektrofon

Elektrofon merupakan jenis instrumen yang sumber bunyinya berasal dari adanya bantuan aliran listrik, misalnya organ dan electone. Electone sendiri merupakan alat musik yang bunyinya berasal dari sinyal yang dihasilkan oleh Osilasi Sirkuit Elektronik, di dalam electone terdapat jenjang atas dan jenjang bawah. Jenjang atas digunakan untuk melodi dan jenjang bawah digunakan untuk iringan dengan efek suara dan orchestra. Sementara itu organ adalah modernisasi dari electone.

 

Idiofon

Ideofon adalah alat instrumen yang suaranya berasal dari getaran tubuh inti instrument itu sendiri. Salah satu contoh alat musik ini adalah angklung. Angklung merupakan alat music bernada ganda. Alat musik ini menghasilkan bunyi dari getaran tubuhnya sendiri. Alat musik ini dimainkan dengan cara menggoyangkan badan angklung. Hal ini akan menyebabkan badan angklung akan menghasilkan suara yang beragam.

Nah itu dia tiga jenis instrumen musik berdasarkan sumber bunyinya. Apakah Anda tertarik memainkan atau menekuni salah satu diantara ketiga alat musik tersebut? Jika iya, jangan terlalu banyak mikir. Mulailah belajar alat musik yang Anda sukai dan ciptakan instrumen yang luar biasa!

Musik

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*